Yoga Pemula

Sekarang adalah saat yang tepat untuk memulai Yoga. Apa sebenernya Yoga dan apakah manfaatnya.

Arti kata Yoga.
Kata yoga berasal dari Sanskrit, bahasa kuno di India, yang berarti penyatuan, kesatuan. Yoga digunakan sebagai cara atau gaya hidup untuk memperoleh kesehatan dengan menyatukan 3 dari kompenen manusia yaitu : tubuh, pikiran dan jiw

Gerak Tubuh – Asana.
Asana, adalah sebutan untuk gerakan fisik yang dilakukan dalam yoga. Asana bermanfaat untuk otot, sendi dan tulang dan keseluruhan tubuh, seperti hal nya semua kegiatan fisik. Catatan saya, jika dilakukan dengan kesadaran akan kemampuan dan struktur anatomi tubuh.

Kekuatan, Keseimbangan dan Kelenturan adalah hal hal yang bisa kita peroleh dari asana.

Pernafasan – Pranayama
Keseharian kita bernafas tanpa sadar, otot otot pernafasan kita bekerja otomatis. Ketika kita melakukan pernafasan sadar dan mengontrol setiap tarikan, penahanan dan hembusan kita melatih saraf saraf simpatik dan parasimpatik kita. Kemampuan ini bisa membantu kita pada saat saat tertentu, seperti gelisah, sulit tidur, stress sampai serangan panik. Pranayama adalah sebutan latihan pernafasan yang dilakukan dalam yoga. Dalam melakukan asana, kita ditekankan untuk merasakan setiap nafas yang kita lakukan.

Pikiran – Mindfullness
Asana dan Pranayama yang dilakukan dalam yoga membutuhkan konsentrasi, ini melatih pikiran untuk berada pada saat itu. Latihan ini bermanfaat untuk kehidupan sehari hari. Membuat kita lebih mengenal tubuh dan pikiran kita. Menimbulkan rasa sayang lebih dalam terhadap tubuh jasmani dan pikiran karena menyadari kemampuan, kekurangan dan semakin peka terhadap “saat ini”.

Saya dan Yoga
Yoga mendekatkan dan mengingatkan saya akan kehebatan yang saya miliki, NO, saya tidak berbicara tentang kemampuan untuk melakukan suatu pose secara fisik, tapi pada penahanan diri, kesabaran dan kemauan untuk mencoba. Secara fisik, memang membuat saya lebih sadar pentingnya mempunyai kekuatan, keseimbangan dan kelenturan. Yoga juga mengenalkan dan mengingatkan saya pentingnya berada pada tiap moment dalam hidup “present moment”, keterbatasan dan kekurangan saya. Ini membuka banyak sekali pintu untuk hal hal incredible dalam hidup saya.

Saya jatuh cinta lagi pada diri saya sendiri, lagi dan lagi.

Love, AI

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *