Tummy Trimmer Spring Exerciser Review & Cara Menggunakan

Spring Exerciser Tummy Trimmer Alat Latihan Kekuatan

Minggu lalu saya belanja alat gym terlaris dari online market shopee (berikut link videonya) dan salah satu alatnya adalah Strength exerciser, yaitu sebuat alat latihan kekuatan yang terbuat dari besi spring dan plastik handle serta pedal.

Alat ini dijual di shopee dengan judul yang lumayan klik bait “Tummy Trimmer Alat Fitness Olahraga Pengecil Perut dan Pembakar Lemak” dan di diskripsi “alat membakar kalori dan mengencangkan otot, terutama otot perut, pinggul, lengan, kaki dan paha, which little bit better daripada judulnya.

Menghilangkan Lemak pada Perut

Menghilangkan lemak pada bagian tertentu atau dikenal dengan Spot reduction di tubuh kita tidak memiliki dasar science atau ilmu pengetahuan atau tidak terbukti atau hanya mitos, karena metabolisme kita merupakan satu kesatuan system. Latihan pada bagian tertentu dapat menguatkan dan menambah massa otot pada bagian tersebut, tetapi pertumbuhan otot di suatu area tidak bisa mengurangi lemak di wilayah tersebut. Lemak akan berkurang dari tubuh secara general atau keseluruhan dengan diet dan olahraga teratur.

Video Review, Warning dan Cara Menggunakan Tummy Trimmer Spring Exerciser

Cara Kerja Tummy Trimmer Spring Exerciser

Konsep alat ini adalah resistant, dimana otot akan berkontraksi dengan pulling spring (menarik) dan sebaliknya mengembalikan ke posisi semula pada saat release. Force inilah yang akan menstimulasi otot otot kita, terjadinya gerakan concentric dan eccentric pada otot tertentu yang akan melatih memberikan kekuatan.

Bahan Tummy Trimmer Spring Exerciser

Dari segi bahan, spring terbuat dari metal, datang dalam kondisi baik, terlihat kuat dengan lilitan yang cukup kuat di 2 ujungnya baik ujung yang bertemu dengan pedal kaki dan ujung bertemu dengan handle tangan, pada box tercantum memiliki resistant sampai 30kg. Untuk metal, saya belum tahu apakah nantinya akan berkarat atau tidak, tapi dengan harga yang murah, rasanya bukan stainless stell. Pedal dan handle terbuat dari plastik, dan terlihat sedikit kurang kuat dan berukuran kecil. Ukuran handle dan pedal yang sempit  (tidak lebar/panjang) juga akan mempersulit untuk melakukan gerakan dengan posisi netral pada panggul dan dada natural.

Spring Exerciser Tummy Trimmer bisa didapat di sini : https://bit.ly/3uDKaij

Peringatan Menggunakan Tummy Trimmer Spring Exerciser

Selalu cek kondisi spring sebelum memakai alat ini, pastikan semua ujung lilitan masih kuat, tidak ada retak pada besi dan lain lain, untuk menghindari terjadi nya snap atau terlepas bahkan putus.

Posisi tubuh yang terpaksa harus berada pada posisi tidak netral atau menyempit (panggul dan dada), karena ukuran alat ini, bisa menyebabkan ketidak nyamanan dan mungkin cidera untuk sebagian orang, selalu rasakan feedback dari tubuh setiap selesai melakukan latihan.

Berikut gerakan gerakan yang bisa kita lakukan dengan Tummy Trimmer Spring Exerciser.

Upper Body Exercise

  • Bicep Curl (pada posisi duduk, karena keterbatasan panjang alat)
  • Rowing pada posisi duduk kaki lurus, rowing posisi L sit pada kursi atau lantai dan rowing dengan posisi stand and bend
  • Pulling dengan satu tangan pada posisi berdiri seperti menarik anak panah (Bow pulling)

Full Body

  • Deadlifts
  • V Shape pull and push
  • V Shape dengan kaki lurus dan pulling
  • Sit Up

Lower Body

  • L position on the floor, Leg raise and bring leg up and down
  • L Position on the floor, kaki tuck in, push the pedal down.

Kesimpulan penggunaan Tummy Trimmer Spring Exerciser

Secara keseluruhan alat yang portable dan murah ini bisa jadi pilihan awal latihan kekuatan dengan resistant metal spring nya, alat ini baik  secara functional melatih endurance kekuatan otot kita.

Jika memiliki budget lebih, ada alat yang akan lebih efektif untuk melatih kekuatan dan menambah masa otot seperti dumbbell, kettlebell, barbell dan alat alat di gym yang mempunyai beban yang bisa di adjust karena disitu salah satu kunci progressive training. Setiap Latihan harus diikuti dengan pola makan yang seimbang dan istirahat, untuk memberikan hasil yang baik untuk tubuh kita.

Selalu perhatikan kondisi alat sebelum memakai dan rasakan timbal balik yang diberikan tubuh setiap selesai latihan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *