Rahasia Mengecilkan Perut, Lengan, Paha Spot Reduction

Mengecilkan Perut, Lengan, Paha dan Bagian Tubuh Lainnya | Click Bait Juara

“Kakak minta gerakan untuk mengecilkan perut?”

Sebuah pertanyaan yang masih sering saya dapatkan. Banyak nya account sosial media yang paham konsep pembakaran lemak tubuh dan bahwa hal mengecilkan bagian tertentu itu adalah mitos, ternyata masih kalah telak dengan besarnya mereka yang menyebarkan tulisan, gambar, gerakan baik sungguh-sungguh maupun clik bait tentang mengecilkan bagian tertentu. Pemahaman ini memang sudah mendaging sebuah informasi singkat yang bertujuan dan memiliki nilai komesial ini mudah laku.

Menurut data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pengguna internet di Indonesia mencapai 63 juta, dan 93% nya adalah penggunaan untuk sosial media. Jangan salah saya pribadi juga menyukai “bite size information” informasi singkat ini lebih mudah dilihat dan gampang diterima, persoalannya ketika informasi itu tidak selaras dengan penelitian dan studi saat ini, dalam hal ini, menghilangkan lemak pada bagian perut, disinilah mulai menjadi kendala.

Apa itu Spot Reduction

Spot Reduction adalah sebutan yang digunakan untuk aktifitas atau keadaan mengurangi lemak pada bagian tertentu dalam tubuh. Dalam Bahasa Indonesia kita mendengar istilah mengecilkan perut, menghilangkan lemak pada perut, mengecilkan lengan, membasmi lemak pada pinggang, membuat paha ramping. Ini adalah istilah yang kita gunakan yang mempunyai pemahaman yang sama “spot reduction”.

Bagaimana Tubuh Membakar Lemak

Lemak dalam sel ditemukan dalam bentuk trigliserida. Trigliserida ini disimpan dan digunakan tubuh sebagai energi.

Sebelum dapat dibakar untuk energi, trigliserida harus dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil terlebih dahulu yang disebut asam lemak bebas dan gliserol, yang dapat memasuki aliran darah.

Selama berolahraga, asam lemak bebas dan gliserol yang digunakan sebagai bahan bakar dapat berasal dari bagian tubuh mana saja, tidak khusus dari area yang sedang berolahraga.

Jumlah sel-sel lemak diatur dan ditentukan pada masa kanak-kanak dan remaja, setelah itu mereka hanya menyusut atau menggelembung tergantung pada kebiasaan kita.

Berat badan kita adalah hasil dari sejumlah faktor termasuk genetik, metabolisme, perilaku, lingkungan, dan pengaruh sosial ekonomi.

Selain itu ada dua jenis tipe pendistribusioan lemak yang akan mempengaruhi bentuk tubuh seseorang, yang pertama gynoid (tubuh berbentuk buah pir) dan yang kedua android (berbentuk apel tubuh).

Lalu Apa Fungsi Latihan Pada Bagian Tertentu

Isolation training, melatih, menguatkan dan menambah massa otot pada bagian tersebut.

Otot terbentuk dari myofibrils dan sarcomeres, serat otot ini akan berkontraksi ketika menerima signal dari neuron motorik dari sistem saraf kita. Signal yang kuat dan cepat terjadi dari frekuensi penggunaan (adaptasi).

Kontraksi menimbulkan reaksi pada otot kita, reaksi kimia ini akan menimbulkan adaptasi baik memperbaiki maupun mempertahankannya. Penambahan massa otot terjadi ketika otot melakukan perbaikan atas kerusakan yang terjadi.

Agar kerusakan dan pertumbuhan otot terjadi, kita perlu memberikan tekanan atau stress dari ambang batas sebelumnya dan ini terjadi pada area lokal, atau area yang terstimulasi. Inilah kenapa isolation progress dengan isolation training bisa terjadi.

Baca juga :

Bisakah kita mengurangi lemak tubuh pada bagian tertentu?

Bisa, dengan metode invasive seperti lipectomy, untuk perut dikenal dengan abdominoplasty atau tummy tuck, yaitu operasi pengurangan lemak dan perbaikan kulit kendur pada bagian perut ataupun metode ringan seperti liposuction, pengurangan lemak dengan cara suction atau penyedotan dan beberapa cara non invase lainnya.

Click Bait Menghilangkan Lemak Pada Area Tertentu

Dari penjelasan diatas kita melihat perbedaan cara kerja tubuh kita terhadap lemak dan otot. Menghilangkan lemak pada bagian tertentu belum dapat dibuktikan secara sains sampai tulisan ini dibuat.

Pada beberapa studi lanjutan yang dilakukan pada atlit dengan control ketat baik pada latihan, makanan dan aktifitas harian, ditemukan fenomena dimana terjadi pembakaran lemak pada area tertentu. Tapi ini-pun masih dalam ambang kecil dan tidak sustainable maupun attainable untuk masyarakat pada umumnya.

Bahasa Bahasa pengurangan lemak pada bagian tertentu adalah Bahasa murni click bait, untuk keperluan SEO ataupun menarik pemirsa atau pembaca. Unsur pemanfaatan insecurity seseorang disini murni kepentingan keuntungan jika tidak disertai dengan informasi yang valid kebenarannya.

Dalam sebuah akun youtuber ternama mereka memberikan disclaimer pada kolom diskripsi yang menyebutkan bahwa, judul yang diberikan murni untuk SEO dan tidak memberikan kebenaran, meskipun tersedia dalam kolom diskripsi, pembenaran ini luput dilihat oleh pemirsa. Dan karena format ini memberikan banyak keuntungan maka akan terus dilakukan dan menjadi “tatakan” untuk yang lain melakukan hal yang sama.

Menjaga kesehatan baik fisik maupun mental adalah esensial untuk kelangsungan hidup kita. Informasi informasi salah bisa dihindarkan dan bukan menjadi viral kalau kita sudah dibekali dengan pengetahuan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *