Perut SixPack

Mendapatkan Perut Sixpack, Penampilan atau Kesehatan?

Semua pasti sudah tahu apa itu sixpack, sudah cukup kenyang dengan foto foto dan tips-tips untuk mendapatkan sixpack, bahkan dalam 5 hari, mungkinkah?

Trend sixpack, saya menyebutnya trend karena dulu nya kita tidak mengenal fenomena ini. Kalau kita flash back aktor  film lama, pemeran utama, mereka memiliki badan yang besar berotot, tapi tidak berdefinisi dan kering seperti sekarang ini.

Kalau kita membaca dan melihat hasil peninggalan Yunani kuno, patung lelaki dan wanita yang menyajikan definisi otot, ternyata tidak diikuti dengan trend manusianya pada saat ini, karena para artis ini membuat karyanya berdasarnya imajinasi bukan model nyata, atau model yang dimodifikasi oleh imajinasi.

Kemudian kita melihat sosok Eugen Sandow di era modern, yang menunjukan definisi dan kekuatan dengan penampakan otot yang jelas, Eugen Sandow sendiri sekarang disebut sebagai bapak dari bodybuilder.

Kemudian diikuti dengan munculnya karakter karakter dalam film dengan badan yang berdefinisi dan kering, maraknya sosial media dengan kemudahan menyajikan foto tubuh berlabel “sempurna” membuat fenomena ini menjadi trend yang harus dimiliki seseorang yang menjadi bagian dunia fitness.

Apa itu sixpack?

Sixpack adalah penampilan dimana otot perut kita terlihat (kasat mata) dan teraba, iya sesederhana itu.

Otot perut terdiri dari beberapa lapisan, yang pertama, dari yang paling dalam dekat dengan organ adalah Tranversus Abdominus atau TVA, ini fungsinya sebagai pemeluk atau ikat pinggang jadi perannya penting untuk kestabilan dan kekuatan tubuh kita. Yang kedua adalah rectus abdominus, inilah otot yang kita sebut sebagai sixpack, fungsinya membantu tubuh untuk menekuk kedepan atau flexing.
Yang terluar adalah internal dan eksternal oblique, ini berfungsi untuk flexing, miring kanan kiri atau lateral movement dan rotating atau berputar.

Secara gabungan semua otot perut ini bersama dengan otot tulang belakang, otot panggul, otot diafragma membantu pergerakan, menstabilkan semua gerakan tubuh, mempertahankan postur, mengurangi resiko cidera dan sakit punggung, otot – otot gabungan ini disebut otot inti atau core muscle. Menguatkan otot core atau otot inti, berarti kita memperkuat batang tubuh, memperbaiki postur tubuh, mengurangi nyeri punggung bawah, dan mengurangi risiko cedera.

Persoalan muncul ketika keinginan untuk mendapatkan sixpack diikuti dengan melatih hanya otot perut saja, yang tidak akan memberikan keuntungan maksimal untuk tubuh selain penampilan luar.

Lalu apa Keuntungan Memiliki Sixpack?

  1. Jika diikuti dengan latihan otot lain akan memberikan manfaat menyeluruh untuk otot inti kita.
  2. Otot perut yang kuat
  3. Tidak ada lagi

Benar, otot sixpack murni untuk nilai penampilan atau estetik, dia tidak memberikan banyak fungsi untuk tubuh, jika tidak diikuti dengan otot otot lain, yang ada adalah muscle inbalance, atau otot yang tidak seimbang yang bisa membuat tubuh cidera dan tidak optimal.

Berikut point penting untuk mendapatkan sixpack?

  1. Untuk mendapatkan sixpack body fat harus rendah

Ini adalah point terpenting yang harus diperhatikan saat kita menginginkan sixpack. Seperti yang saya utarakan diatas, kita semua punya otot ini, perbedaannya adalah seberapa besar lemak tubuh yang menutupinya.

Body fat adalah prosentasi massa lemak tubuh seseorang, baik lemak subkutan maupun lemak viseral (lemak yang terdapat pada organ). Dapat diukur dengan alat medical khusus atau secara manual, yang pastinya kurang akurat.

Setiap orang memiliki standart body fat berbeda, tergantung kebutuhan sistem tubuh, usia dan faktor kesehatan. Untuk panduan perhitungan internasional didapatkan angka batasan normal, untuk wanita kisaran normal adalah 14%-22.7%, untuk laki laki adalah 8%-18.6%, dibawah angka tersebut disebut under fat dan diatas angka tersebut masuk dalam kategori poor.

Lalu berapa angka low body fat untuk mendapatkan sixpack, tiap orang berbeda, namun kebanyakan akan berada dibawah angka anjuran normal body fat, terutama yang benar-benar terlihat definisi nya dan sangat kering.

Body Fat yang terlalu rendah, dapat menyebabkan gangguan pada fungsi tubuh, seperti gangguan jantung, imunitas, vitamin defisiensi, fertilitas (menstruasi) dan sex drive (keinginan untuk melakukan hubungan sex).

  1. Genetik Menentukan Sixpack

Point ini juga tidak bisa dikesampingkan, karena setiap kita memiliki susunan genetik yang berbeda. Proses metabolisme  distribusi dan pembakaran lemak. Kemudian susunan “pack” Tendinious Inscription yang berbeda – beda, karena itulah ada 4, 6 dan 10 pack. Faktor genetik adalah sesuatu yang kita tidak bisa rubah.

  1. Sixpack dipengaruhi oleh Hormonal dan Usia

Wanita dibentuk dengan body fat yang lebih banyak daripada laki laki, ini adalah supaya tubuh berfungsi dengan baik saat reproduksi. Jumlah estrogen yang lebih tinggi disini membuat wanita akan lebih susah menghilangkan lemak pada perut dibandingkan laki laki.

Seiring dengan bertambahnya usia, menghilangkan lemak pada perut juga bertambah kesulitannya.

  1. Latihan Untuk Membentuk Perut Sixpack

Point yang seringkali dibalik, karena lebih banyak diperhatikan dari pada point point sebelumnya. Latihan otot pada perut akan menguatkan dan menambah massa otot tersebut. Tetapi latihan spesifik pada perut saja secara terus menerus tidak akan membantu, tanpa point 1.

  1. Kadar Air dalam tubuh untuk Perut Sixpack

Kadar air atau water retention dalam tubuh yang rendah akan membuat tubuh terlihat kering, dan membantu menonjolkan otot – otot yang ada.

Pengurangi kadar air dalam tubuh ini dilakukan dengan mengurangi konsumsi sodium dan makanan proses.

Kebanyakan aktor, body builder dan fitness influencer akan melakukan puasa saat melakukan pengambilan film, foto atau event, semua dilakukan untuk lebih menonjolkan otot yang sudah ada dan memberikan tampilan kering. Mereka melakukan ini semua seasonal atau hanya pada waktu waktu tertentu saja, karena jelas kondisi ini tidak sustainable untuk tubuh.

Lalu bagaimana kalau kita masih ingin mendapatkan otot sixpack.

Mempunyai sixpack sebagai goal, tidak ada salahnya, karena mempunyai goal akan lebih baik dan memetakan latihan fisik kita untuk suatu tujuan.

Berikut beberapa hal yang bisa kita perhatikan untuk mendapatkan sixpack

  1. Sadar bahwa memiliki sixpack bukan berarti dan bukan penentu tubuh sehat atau kuat, ini murni estetik.
  2. Memperhatikan asupan makanan, lebih banyak mengkonsumsi protein dan mengurangi kalori tubuh keseluruhan sehingga terjadi penurunan berat badan dan penurunan kadar lemak. Ini memerlukan proses dan disiplin.

Jangan lupa untuk memperhatikan kualitas fungsi        tubuh, apakah ada penurunan atau terganggu, apakah kualitas keseharian berubah.

Jangan sampai keinginan berpenampilan sixpack mempengaruhi kesehatan secara menyeluruh.

  1. Latihan Otot Inti

Melatih otot ini akan memberikan lebih banyak manfaat daripada hanya melatih otot perut saja, secara tidak langsung otot akan terlihat pada saat body fat kita menurun. Latihan majemuk atau compound exercise sangat baik bukan hanya untuk otot inti kita tapi juga otot bagian lain sesuai dengan jenis latihan.

Contoh latihan majemuk: deadlifts, squat, over head press, bench press, lunges.

  1. Melatih Otot Perut

Latihan perut saja bisa dilakukan diantara jadwal latihan otot inti dan cardio, ini akan memberikan definisi lebih jika diperlukan. Tapi melatih otot perut saja, tidak akan memberikan nilai tambah untuk tubuh, selain membuang waktu dan otot yang tidak seimbang.

Contoh latihan untuk otot perut: bicycle crunch, abs roll, crunch, sit ups.

Kembali kepertanyaan awal, apa perlu punya kita mempunyai otot sixpack?

Tergantung, jawabannya ada pada diri teman teman sendiri, yang jelas, “kelayakan atau value kita tidak tergantung dari berapa banyaknya garis yang ada pada perut kita”.

Perut kita memang didesign untuk memiliki tumpukan lemak, terutama dibagian bawah, khususnya wanita, ini berhubungan dengan fungsi tubuh. Perut rata flat sepanjang hari itu bagian dari mitos dan tuntutan sosial.

Memiliki tubuh yang berfungsi baik terlepas bergaris atau tidak, lebih bermanfaat untuk jangka panjang dari sekedar yang terlihat diluar, karena penampilan akan berubah seiring waktu dan usia. Trend berubah seiring dengan apa yang diterima dan dianggap “sempurna” pada waktunya.

Thats it, untuk yang ingin memulai latihan fisik dari mana, silahkan mampir ke Cara Memulai Latihan Kekuatan yang berlaku juga untuk olahraga atau latihan kekuatan in general. Sehat Selalu.

Video Semua Tentang Sixpack

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *