Pernafasan untuk Relaksasi

Latihan pernafasan dapat membantu mengurangi kecemasan, kemarahan, kegelisahan, sulit tidur atau saat ingin relax dan tenang.

Pernafasan dengan exhalation yang lebih panjang, membantu pengeluaran CO2 lebih optimal dgn begitu membantu paru melakukan reflek inhalation lebih dalam. Mereka bekerja macam pegas.

Pernafasan yang perlahan dgn pengeluaran nafas yang panjang membantu menekan kortisol, hormon stressor kita. Latihan pernapasan “melatih” tubuh menjadi lebih tenang, karena kita mengaktifkan saraf parasimpatik kita.

Teknik 4-7-8: di awali oleh dokter Andrew Weil, dengan cara ambil nafas 4 detik, tahan nafas 7 detik dan hembuskan nafas 8 detik, itu disebut 1 putaran. Lakukan 2 putaran, jika nyaman sampai 4 putaran, 1 kali sehari. Setelah terbiasa bisa lakukan 2 kali atau saat dibutuhkan (sulit tidur, panik attack,marah, kecewa dll).

Meletakan lidah di atap mulut, membantu kita untuk fokus, tapi jika sulit, lakukan tanpa itu. Rasakan setiap tarikan nafas, tarik nafas dengan hidup, rasakan perut dan diagfragma kita mengembang, tahan (untuk tahap awal bisa semampunya) lalu hembuskan dengan mulut sedikit terbuka dan membuat suara. Inti dari latihan ini adalah melakukan pernafasan dengan sadar, lambat dan hembusan atau exhalation yang panjang.

Coba dan semoga merasakan manfaatnya.

Love

AI

Leave a Comment

Your email address will not be published.