Olahraga dan Berat Badan

Olahraga dan Berat Badan

“Ngapain olahraga kan sudah kurus” saya beberapa kali mendengar komentar ini. Anggapan bahwa olahraga berhubungan dan penentu berat badan tidak asing di masyarakat, saya pun pernah berada pada tahapan pemahaman ini. Terlepas apa yang menyebabkan pemahaman ini, sosial media yang dibanjiri dengan glorifikasi fitness dengan bentuk tubuh tertentu saat melakukan olahraga, tidak membantu untuk menepi atau meluruhkan pemahaman ini. Sebenarnya banyak hal yang lebih penting dari melakukan olahraga selain urusan berat badan.

Olahraga, Latihan Fisik dan Aktifitas Fisik

Dalam Bahasa Indonesia, olahraga memiliki arti yang sama dengan sport dalam Bahasa Inggris yaitu aktifitas fisik yang dilakukan teratur dan memenuhi suatu aturan baik perorangan ataupun kelompok yang bertujuan untuk kompetisi dan prestasi. Sedangkan latihan fisik dalam bahasa Inggris adalah exercise, yang adalah juga bentuk dari aktifitas fisik, yang terarah, dilakukan secara teratur, baik mengikuti aturan atau tidak dan dilakukan untuk tujuan meningkatkan aktifitas fisik. Kita juga sering mendengar dan membaca istilah workout, yang memiliki pemahaman yang sama. Aktifitas fisik sendiri adalah semua kegiatan yang kita lakukan yang melibatkan tubuh kita, menggerakkan otot otot dan tulang kita, contohnya bergerak untuk melakukan kegiatan sehari hari, membersihkan rumah, berkebun. Latihan Fisik dan olahraga adalah bentuk dari aktifitas fisik. Setelah kita mengetahui arti dari masing masing kata tersebut, kita bisa membahas apa manfaat dari aktifitas fisik ini.

Tubuh manusia di design untuk bergerak, dan ketika kita tidak melakukan aktifitas fisik, sistem tubuh kita mengalami penurunan, sistem jantung, sistem otot, sistem rangka, sistem saraf, sistem limpatik, sistem pencernaan, sistem pernafasan, endokrin, reproduksi, urinary, semua sistem ini saling berkaitan dan ketiga ada gangguan di bagian A, serta merta bagian lain akan ikut nimbrung.

Itulah kenapa penting untuk kita aktif bergerak, berbeda dengan kehidupan leluhur kita, kehidupan sekarang lebih condong mendukung kita untuk duduk manis dengan segala kemudahan yang ada, sumber informasi satu perangkat, sumber hiburan satu perangkat, lift dan elevator, sepeda motor, dan masih banyak lagi, belum lagi tuntutan pekerjaan 9-5 yang mengharuskan tubuh kita berada pada satu posisi dalam kurun waktu yang lama. Ini lah juga yang menjadi pendonor berkurangnya kualitas fungsi tubuh fisik kita selain makanan, dan ini lah kenapa latihan fisik dan olahraga menjadi jalan untuk tubuh kita mendapatkan kembali waktu untuk bergerak dan terstimulasi.

Manfaat Olahraga Latihan Fisik | Keuntungan Exercise

  1. Olahraga Latihan Fisik Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung adalah organ essensial untuk kehidupan kita, yang merupakan otot yang memompa darah ke seluruh tubuh kita, jantung bergerak selaras dengan paru paru yang memberikan oksigen kesuluruh darah kita.

Melakukan latihan fisik dan olahraga akan  melatih, menguatkan otot jantung kita, dan mempertahankan fungsinya. Menghindarkan kita dari penyakit tidak menular seperti serangan jantung atau stroke, dan mendukung kelancaran sistem tubuh kita lainnya.

  1. Olahraga Latihan Fisik Menjaga Kesehatan Otak

Fungsi jantung dan paru paru yang terjaga akan membuat aliran darah dan oksigen dalam darah lancar, termasuk aliran oksigen ke otak kita. Mempertahankan fungsi otak dan menghindarkan kita dari penyakit seperti demencia, Alzheimer’s disease, dan depresi.

  1. Olahraga Latihan Fisik  Meningkatkan Perasaan baik & Kualitas Tidur

Olahraga dan latihan fisik membantu tubuh kita menghasilkan hormon-hormon yang menyenangkan, yaitu serotonin dan endorphine. Serotonin akan memberikan rasa senang, dan percaya diri, ini akan memberikan pengaruh besar terhadap kehidupan kita. Olahraga dan latihan fisik juga menghasilkan endorphine, hormon senang dan pengurang rasa sakit. Selain itu endorphine juga meningkatkan kualitas tidur. Kita semua tahu bahwa tanpa tidur yang baik, kualitas tubuh kita tidak akan optimal, karena disaat tidur itulah tubuh kita melakukan perbaikan sel, memproses semua data dan bertumbuh.

  1. Olahraga Latihan Fisik Meningkatkan dan Mempertahankan Kekuatan Otot.

Pernah mendengar “if you do not use it, you lose it” begitulah kekuatan otot kita, jika jarang digunakan dia akan melemah, dan berkurang massa nya, sebuah kondisi yang disebut “sarcopenia”. Latihan fisik melatih, menguatkan dan menambah massa otot, yang kemudian akan membantu sistem metabolisme kita, artinya bisa membantu kita untuk mengontrol berat badan juga. Dan menjadi kuat pastinya lebih bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

  1. Olahraga Latihan Fisik Meningkatkan dan Mempertahankan Kepadatan Tulang

Osteoprosis adalah momok ketika kita beranjak menua, penurunan kepadatan tulang ini bisa mempengaruhi aktifitas tubuh kita. Latihan fisik dapat mengurangi terjadinya penurunan kepadatan tulang bahkan bisa menguatkan dan menambah.

  1. Olahraga Latihan Fisik Meningkatkan dan Mempertahankan Keseimbangan Tubuh

Kerangka tubuh yang kuat, alat penggerak yang kuat akan membantu tubuh fisik kita berfungsi lebih baik dan stabil, menghindarkan kita dari cidera.

  1. Olahraga Latihan Fisik Meningkatkan Kualitas Sex

Peredaran darah yang baik, sangat mempengaruhi fungsi tubuh kita, termasuk kualitas sexual. Ditambahkan dengan rasa senang, percaya diri dari naiknya semua hormon senang, hormon cinta akan memberikan peranan dalam kehidupan rumah tangga dan sexual kita.

Seluruh kesatuan sistem dalam tubuh kita akan menyesuaikan dan mengoptimalkan dirinya sendiri untuk bertahan hidup. Begitulah tubuh bekerja, untuk bertahan hidup. Ini artinya jika dia berada pada kondisi pasif atau sedentary, seluruh sistem akan menyesuaikan diri, melambatnya asupan oksigen dalam darah, melambatnya metabolisme, semua karena tubuh beradaptasi dengan rendahnya stimulasi dan produksi hormon-hormon.

Ini akan mengakibatkan terjadinya rendahnya ketahanan tubuh, kekuatan, metabolisme yang berujung pada rendahnya kemampuan tubuh untuk membakar asupan makanan.

Ini akan diperparah ketika asupan kita melebihi yang tubuh kita butuhkan atau tidak mempunyai kualitas untuk mendukung fungsi tubuh.

Kelebihan asupan akan disimpan oleh tubuh sebagai cadangan, dan cadangan yang berlebihan ini lah yang membuat penambahan berat badan, begitu pula sebaliknya, jika asupan tidak mencukupi maka tubuh akan mengambil dari yang tersisa, termasuk otot kita, menyebabkan penurunan berat badan yang berlebihan.

Latihan fisik dan olahraga memiliki banyak manfaat lebih dari sekedar naik atau turun berat badan, manfaat yang lebih penting untuk tubuh dan otak kita. Manfaat yang akan memberikan kemerdekaan untuk hari tua kita.

Sudah waktunya untuk tidak memandangnya sebagai bagian dari penampilan luar tapi lebih pada penampilan dalam, sistem tubuh kita juga perlu keren.

Selamat memulai untuk sadar bergerak.

Untuk teman teman yang ingin memulai latihan fisik dari mana, silahkan mampir ke Cara Memulai Latihan Kekuatan yang berlaku juga untuk olahraga atau latihan kekuatan in general. Sehat Selalu.

Fitness & Berat Badan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *