Kettlebells vs Dumbell | Review Kettlebells Berwyn

Alat Latihan Beban Kettlebell

Apa itu kettlebell.

Kettlebell adalah alat Latihan kekuatan, yang berbentuk seperti bola (bell) bowling dengan handle atau pegangan dan terbuat dari besi.

Jenis atau macam Kettlebell

Ada 2 macam kettlebell, kettlebell dengan diameter yang sama tapi berat yang berbeda atau disebut competition kettlebell, ini yang dipakai athlete kettlebell untuk competition, kita juga biasa temukan di gym. Dan yang kedua adalah kettlebell dengan diameter, bentuk dan berat yang berbeda, seperti kettlebell Berwyn ini. Ini adalah kettlebell yang bisa kita pakai dirumah dan temui di toko olahraga.

Video Tentang Kettlebell, Manfaat Kettlebell dan Review Kettlebell Berwyn

Manfaat Latihan Kettlebell

Kettlebell banyak digunakan untuk gerakan gerakan yang melibatkan seluruh tubuh, gerakan ballistic yang menggunakan kekuatan dari panggul, seperti clean, swing dan snach. Gerakan gerakan ini melatih endurance dan cardio. Kettlebell juga dikenal functional exercise, karena gerakan gerakan yang menyerupai aktifitas harian atau sport, contoh swing dan snacth.

Karena menggerakkan seluruh tubuh, diperlukan keseimbangan yang baik, kettlebell melatih otot inti atau core kita dengan baik.

Kettlebell Versus Dumbbell

Kettlebell mempunyai manfaat yang hampir sama dengan dumbbell, yaitu menguatkan otot tubuh. Dan seringkali menjadi alternative atau pendamping dumbbell. Bentuk kettlebell yang kompact atau ringkas, tidak memakan tempat jadi pilihan untuk alat Latihan beban dirumah. Berikut adalah dumbell yang saya rekomendasikan.

Secara general, kettlebell lebih melatih endurance, cardio yang melibatkan otot inti. Sedangkan Dumbbell membantu kita dengan gerakan gerakan isolasi untuk menguatkan bagian bagian otot tertentu dan membantu hyperthropy.

Jadi tergantung tujuan latihan, kalau ingin berfokus pada kekuatan dan pembentukan otot, gunakan dumbbell, kalau ingin melatih kekuatan seluruh tubuh, endurance dan kardio, gunakan kettlebell.

Latihan menggunakan dumbbell, bisa kita lakukan dengan kettlebell, sedangkan beberapa gerakan dengan kettlebell, tidak bisa atau sulit dilakukan dengan dumbbell.

Alat ini terlihat sederhana apalagi dengan bentuk dan warna warna, tapi jangan tertipu dengan penampilannya, alat ini sama dengan dumbbell dan barbell, tetap dibutuhkan teknik dan form tubuh yang baik untuk menggunakannya.

Review Kettlebell Berwyn Ace Hardwareย 

Dari jenisnya ini adalah kettlebell biasa, non competition. Dijual dari berat 4, 6, 8, 10 dan 12 di Rupa Rupa Online Shop nya Acewardware.

Bahan, terbuat dari besi dengan Neoprene coating, neoprene adalah synthetic rubber yang bisa membantu mengurangi gesekan, karat, jadi melindungi alat dan juga lantai dan tangan kita.

Bentuk, diameter lebih kecil dari competition kettlebell dengan flat base, yang membuat alat bisa duduk dengan stabil dilantai. Handle gap, yang cukup sekitar 4cm.

Dari yang saya baca maksimal gap untuk kettlebell handle adalah 5 cm, lebih dari itu kettlebell akan jatuh pada pergelangan tangan kita saat racking, dan ini bisa menyebabkan cidera pada pergelangan tangan.

Harga Kettlebell Berwyn

Harga kettlebell ini bervariasi sesuai berat dimulai dari Rp 169 ribu untuk 4kg, sampai Rp499ribu untuk 12kg, kettlebell Berwyn bisa dibeli disini:

https://bit.ly/3hJlqy1

Kekurangan Kettlebell Berwyn

Coating paint atau cat pada handle suka luntur, jadi tangan berbekas hitam, apalagi kalau kita berkeringat, jadi selalu sediakan handuk tangan, atau langsung cuci tangan.

Lift it or Leave it? | Apakah Kettlebell Berwyn pantas dibeli?ย 

Secara keseluruhan, saya merekomendasikan kettlebell Berwyn ini, dari bahan, warna, option berat, dan harga.

Thatโ€™s it. Go get your kettlebell now! Love AI

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *