Fitness Tracker Pelacak Kebugaran, Apakah Perlu Beli?

Apa Itu Fitness Tracker

Fitness tracker adalah alat untuk mengumpulkan data terkait olahraga dan aktivitas fisik. Dilengkapi dengan fitur perekam detak jantung, langkah, pembakaran kalori, kwalitas tidur dan pencatatan rencana latihan dan merekamnya dan juga beberapa hal lain yang berhubungan dengan aktifitas fisik kita.

Beberapa model juga dilengkapi dengan pengontrol music, dan notifikasi serta fitur pintar lainnya, tetapi tetap terbatas.

Apa itu Smart Watch

Sedangkan Smart watch adalah alat yang dibuat sebagai pendamping atau pengganti handphone, dia bekerja mesinkronkan dan mengontrol ponsel, dilengkapi fitur komunikasi, seperti kemampuan membalas text, membalas telephone, membaca email. Smart watch juga dilengkapi dengan perekam dan pelacak aktifitas, tapi bukan fitur unggulan mereka.

Video Kelebihan dan Manfaat Fitness Tracker

Fitness tracker lebih murah daripada smart watch, design lebih ringan, ringkas untuk kenyamanan pengguna saat olahraga dan baterai lebih tahan lama karena tidak memiliki banyak aplikasi seperti smart watch.

Berikut 5 keuntungan manfaat fitness tracker.

1. Fitness Tracker Akuntabilitas

Fitness Tracker membantu mengingatkan kita setiap hari untuk lebih aktif setiap hari baik berjalan, jogging, atau berolahraga. Dengan notifikasi, perekaman dan pelacakan hasil atau aktifitas fisik yang kita lakukan. Jadi kita bisa selalu on track dengan tujuan kita untuk hidup lebih aktif.

2. Fitness Tracker membantu Memotivasi

Fitness Tracker memberikan gambaran kemajuan dan pencapaian kita setiap hari.

Ini mempermudah kita dalam melakukan pencatatan progress dan memotifasi kita untuk tetap bergerak.

3. Fitness Tracker Membantu Mencapai goal

Membantu kita menetapkan tujuan dan mengingatkan kita tiap harinya. Kita bisa menetapkah tujuan sesuai kemampuan dan kebutuhan kita saat ini. Seperti 2000 langkah atau 10.000 langkah, atau 15 menit olahraga atau 30 menit. Dan ketika kita berhasil melakukannya, ini akan memberikan perasaan senang dan boosting kita untuk melakuannya lagi, jadi kembali ke point 2, menjadi motifasi.

4. Fitness Tracker Melacak Kwalitas Tidur

Sebagian besar fitness tracker disertai dengan perekam kwalitas tidur, baik pola atau jenis, waktu dan kwalitas.  Ini membantu dan berperan sebagai pengingat, karena kwalitas tidur sangat menentukan performa tubuh dan emosi kita.

5. Fitness Tracker Monitor Detak Jantung

Sebagian besar pelacak kebugaran memiliki kemampuan untuk memantau detak jantung.

Denyut jantung maksimum adalah 220 dikurangi usia kita. Selama aktivitas fisik sedang, target detak jantung adalah sekitar 50-70% dari detak jantung maksimum dan dengan latihan yang kuat sekitar 70-85% dari detak jantung maksimum. Pelacak kebugaran juga dapat mendeteksi perubahan yang mungkin terjadi pada detak jantung kita.

Kekurangan Fitness Tracker

Terlepas dari manfaat yang bisa kita dapatkan dari fitness tracker, pelacak kebugaran memiliki beberapa kekurangan.

1. Fitness Tracker Kurang Akurasi

Beberapa pelacak tidak memberikan pengukuran atau informasi akurat 100%. Pihak manufaktur sendiri biasanya  akan memberikan catatan kaki, dimana alat ini bukan referensi 100% mutlak dan tidak bisa digunakan dalam kapasitas medical. Jadi kita tidak bisa bergantung sepenuhnya pada alat ini.

2. Fitness Tracker Kwalitas

Karena harga yang tidak mahal seringkali disertai dengan kwalitas yang sepadan baik dari baterai ataupun layar dan software nya, kebanyakan fitness tracker tidak bertahan lama dan mudah rusak.

Kesimpulan Menggunaakan Fitness Tracker

Hal yang terpenting yang perlu kita tahu adalah alat ini tidak akan berguna sama sekali kalau kita, pengguna tidak memiliki komitmen untuk menjadi aktif.

Fitness Tracker adalah  pendamping, pemotivasi, yang membuat aktifitas fisik lebih menyenangkan dan lebih mudah.

Fitness Tracker membantu perekaman yang merupakan hal penting yang harus kita lakukan saat berolahraga.

Tetapi tanpa keinginan, keputusan dan komitment, fitness tracker atau alat pelacak kebugaran ini akan menjadi barang rongsokan dan nipisin dompet saja.

Fitness Tracker Pemula

Fitness tracker yang menjadi pilihan anak remaja saya adalah Mi Band dari Xiaomi, karena modelnya yang ringkas dan baterai yang tahan lama.

Koleksi dimulai dari Mi Band 2, 3, 4 dan yang terbaru dan juga fitness tracker yang saya rekomendasikan untuk teman teman yang ingin mulai memakai fitness tracker adalah Mi Band 6.

Simak artikel lengkap ulasan Mi Band 6 pelacak kebugaran terbaru dari Xiaomi.

Apakah kamu sudah memakai Fitness tracker? Apa pengalaman teman teman? Drop di kolom komentar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *