Manfaat Bola Fitness, Gymball dan Review Bola Pilates Speeds

Gym Ball, Manfaat Bola Fitness dan Review Bola Pilates Speeds

Apa itu Gym Ball

Bola gym, Gym Ball, ini juga dikenal sebagai pilates ball, fisioball ball, Fitness ball dan juga bola Swiss. Gym ball adalah alat bantu Latihan fisik berbentuk bola, terbuat dari PVC (Sofy Plyvinnlychloride) plastic, ada yang mengandung latex dan ada yang tidak, kalau teman teman allergy bisa di cek dulu.

Manfaat Gym Ball, Bola Fitness, Pilates Ball

Gym ball ini bisa digunakan untuk latihan peregangan, stability keseimbangan dan latihan kekuatan. Dulu penemu gym ball (swiss ball) menggunakannya untuk latihan fisik bagian dari terapi.

ย Video tentang Fit Ball Manfaat dan Review Gym Ball Speedsย 

Bola Fitness ini dapat melatih Proprioseptor (sense of positioning and movement) kita, mengkomunikasikan segalanya mulai dari posisi sendi hingga ketegangan pada otot pada waktu tertentu. Saat menggunakan bola fitness untuk latihan, Kita menstimulasi proprioseptor tersebut dan menantang stabilitas dan keseimbangan tubuh.

Bola ini juga merangsang otot-otot inti – otot panggul dalam, perut, dan punggung bawah – yang penting untuk postur yang baik dan keseimbangan serta kontrol gerakan.

Ada juga yang menggunakan bola gym digabung saat latihan kekuatan tubuh untuk variasi gerakan.

Gym Ball atau Bola Fitness juga digunakan sebagai pengganti kursi sebagai variasi gerakan tubuh untuk mengurangi kesalahan postur ataupun keluhan tulang belakang.

Alat serbaguna ini mudah didapat dan harganya lumayan ramah dikantong. Beli online disini.

Cara memilih bola pilates atau bola gym

1. Sesuaikan diameter bola dengan tinggi badan kita.

  • Tinggi: Di bawah 142cm, Ukuran bola: 45 cm
  • Tinggi: 142cm sampai 160cm, Ukuran bola: 55 cm
  • Tinggi: 161cm sampai 170 Ukuran bola: 65 cm

2. Pilih bahan yang aman, khususnya yang alergi dengan latex

3. Pilih bola yang dijual dengan pompa dan spare cap/ penutup.ย 

Contoh gerakan latihan fit ball, gym ball atau bola fitness.

1.Latihan Duduk dengan bola Fitness.
Duduk di tengah bola dengan kedua kaki kokoh di lantai sekitar selebar bahu. Jika sulit menyeimbangkan bola, gunakan cara berdiri yang lebih lebar. Lutut harus membentuk sudut 90 derajat dan sejajar di atas pergelangan kaki. Bahu harus sejajar di atas tubuh (tidak membungkuk ke depan) dan kepala tepat di atas leher (tidak condong ke depan)

2. Bounching

3. Duduk dan marching

4. Wall Ball Squat

5. Crunch, crunch twist, reverse crunch, lateral crunch

6. Incline Plank (elbow) dan side plank

7. Jack Knife

Tahan tubuh dalam garis lurus dengan kaki di atas bola, tangan di bawah bahu. Tarik lutut ke arah dada, lalu kembalikan ke awal tanpa membiarkan pinggul melorot.

8. Ball Roll Out

Berlutut di depan bola gym dan letakkan lengan bawah di sisi bola yang paling dekat. Rentangkan lengan untuk menggulirkan bola ke depan, gunakan otot perut untuk mengontrol goyangan dan menjaga agar tubuh tetap stabil. Kemudian putar kembali secara perlahan untuk kembali ke awal, dengan menjaga punggung tetap rata.

9. Passing V-sit

Dan masih banyak lagi. Subscribe youtube Athinaike channel untuk update olahraga dengan bola fitnes.

Nah sudah tidak ragu lagi kan untuk mulai latihan dengan bola fitness, harga yang ramah bikin bola fitness jadi variasi latihan yang menyenangkan. Yuk coba latihan senam dengan bola fitness.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *