Mau mendapatkan hasil maksimal dari latihan kekuatan, lakukan beberapa hal ini.

Cara Mendapatkan Hasil Maksimal dari Latihan Kekuatan

Latihan kekuatan adalah komponen penting untuk mempertahankan dan meningkatkan fungsi tubuh kita. Berikut Manfaat latihan kekuatan untuk tubuh kita.

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar latihan kekuatan memberikan hasil maksimal, 5 Hal yang harus  adalah :

  1. Pemanasan Latihan Kekuatan

Memanaskan tubuh dengan gerakan pemanasan singkat atau lakukan gerakan – gerakan yang menyerupai atau mempersiapkan gerakan inti dari latihan beban yang akan dilakukan. 

Manfaat pemanasan adalah menyiapkan tubuh kita, terutama persendian, otot dan juga jantung kita. Pemanasan sebelu latihan kekuatan pilihan saya adalah melakukan gerakan gerakan yang menyerupai atau menyiapkan gerakan latihan kekuatan yang saya rencanakan, misalnya latihan kekuatan dengan dumbbell untuk tubuh bagiat atas, saya akan melakukan arm rotation, arm swing dan gerakan gerakan dinamik lainnya yang melibatkan tangan, bahu dan core. Dengan demikian saat kita memberikan beban persendian dan otot kita sudah siap, pemanasan sebelum latihan kekuatan diharapkan menjauhkan atau mengurangi kemungkinan terjadinya cidera. 

  1. Form dan Teknik Latihan Kekuatan

Latihan kekuatan dengan beban harus dilakukan dengan Form dan Teknik yang benar, ini menghindarkan kita dari cidera. Tulang punggung dan persendian adalah bagian yang rawan cidera, tapi dengan form yang baik mengikuti biomekanik tubuh, Latihan kekuatan ini bisa menguatkan bagian bagian yang rentan tadi sehingga kita lebih kuat dan cidera dapat dihindari. Hasil lebih maksimal.

  1. Latihan Kekuatan Dilakukan BERTAHAP

Selalu lakukan secara bertahap. Mulai dengan mengggunakan kekuatan atau beban tubuh, kuasai teknik dan bangun stabilitas tubuh dengan setiap gerakan. Ketika sudah siap, repetisi, set dan berat beban bisa di tambahkan secara bertahap ini lah yang akan membantu otot kita untuk berkembang atau yang biasa disebut dengan progressive overload. 

  1. Istirahat dan Latihan Kekuatan

Otot kita membutuhkan waktu untuk memperbaiki dan membangun jaringan baru yang lebih kuat, satu hari penuh istirahat atau waktu olahraga kekuatan yang berselang memberikan waktu untuk otot kita kembali pulih.

  1. Pernafasan dan Latihan Kekuatan

Pernafasan adalah aktifitas sumber energi kita, selalu lakukan pernafasan dengan baik, beberapa Latihan beban memberikan teknik pernafasan dengan tujuan membangun atau membuat kekuatan inti pada tubuh untuk memberikan power dan menghindari cidera. Bernafas dengan baik.

       6. Nutrisi dan Latihan Kekuatan

Makanan yang kita konsumsi sangat berpengaruh dalam pembangunan tubuh kita, untuk mendapatkan hasil maksimal dari latihan kekuatan asupan makro dan mikro harus diperhatikan. Untuk membangun otot tubuh asupan protein baik hewani atau tumbuhan perlu diperhatikan. 

Catatan Penting Latihan Kekuatan

Selalu rasakan timbal balik dari tubuh kita, jika dirasa nyeri disuatu sisi, hentikan dan ketahui kenapa, turunkan beban, cek form dan teknik atau hentikan untuk sementara waktu, jika sangat mengganggu konsultasikan dengan dokter.

Selamat berolahraga teman teman, sehat selalu.

Love, AI

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *