Apa itu Dumbbell

Dumbbell Alat Olahraga untuk Melatih Kekuatan Otot

Mengenal apa itu Dumbbell

Dumbbell adalah alat beban bebas atau free weight yang telah digunakan lebih dari 2000 tahun yang lalu mulai dari Ancient Greece, pegunaan dumbbell sebagai alat untuk melatih dan menguatkan otot telah berkembang baik dari bahan, bentuknya dan penggunaannya.

Dummbell yang sekarang kita temui terbuat dari cast iron atau silicon. Dari pengaturan beban, dumbbell bisa dibedakan menjadi adjustable dumbbell yaitu dumbbell yang bisa diatur berat dengan mengganti piringan beban nya, fix dumbbell yaitu dumbbell yang bebannya tetap dan yang terbaru adalah selectorized dumbbell yaitu dumbbell yang berat bebannya bisa kita adjust dengan memutar atau memencet dial yang terdapat pada holder atau stand-nya.

Ada banyak jenis latihan yang bisa kita lakukan dengan dumbbell, ini menjadi daya tarik tersendiri selain juga bentuknya yang ringkas dan tidak memakan banyak tempat, khususnya yang adjustable dan selectorized dumbbell.

Cara Penggunaan Dumbbell

Penggunaan dumbbell sepenuhnya bergantung pada cara memegang, memposisikan dan mengangkat. Teknik penempatan beban dan posisi tubuh atau form sangat penting, untuk menghindari cidera. Pemanasan sebelum memulai latihan dumbbell dan memastikan menggunakan berat beban yang benar juga sangat penting. Banyak orang merasa bahwa semakin berat dumbbell semakin baik hasilnya, tetapi, menggunakan beban yang lebih ringan dan melakukan lebih banyak pengulangan adalah cara yang jauh lebih baik, untuk menghindarkan kita dari cidera.

Mari mulai melatih kekuatan otot kita dengan dumbbell, berikut video playlist latihan dumbbell real time follow along yang teman teman bisa lakukan dirumah.ย ย 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *